Granit Xhaka Buktikan Hal Yang Tak Terduga Lagi

By | Februari 2, 2020

Granit Xhaka memiliki banyak bakat, tetapi mereka semua berasal dari satu cetakan umum. Itulah sebabnya mengapa mengejutkan melihat bagaimana Arsenal telah menemukan keberhasilan tambahan dalam kemampuannya.

Kemenangan Arsenal atas Bournemouth merupakan yang terbaik dari banyak pemain. Bukayo Saka dan Matteo Guendouzi adalah headliner yang jelas, tetapi di bawah kekagetan-kekaguman pemuda, ada beberapa orang lain yang ikut campur dalam pertandingan ini. Yaitu, Granit Xhaka.

Saya masih tidak tahu harus memanggil apa posisi yang dimainkan Granit Xhaka di Stadion Vitality. Saya pikir itu adalah bek tengah tengah kiri. Atau semacam itu. Tapi itu dimainkan untuk semua kekuatan Xhaka — kaki kiri dominan, kehadiran yang luar biasa pada bola, umpan-umpan yang tepat — dan, anehnya, juga terhadap beberapa kelemahan yang dirasakannya — membela pelari yang dalam dan melacak.

Tidak mengherankan, dia berkembang. Beroperasi dari kantong kecil ruang antara Sokratis dan Bukayo Saka, Xhaka memainkan posisi hybrid serbaguna yang melibatkan banyak pertahanan, banyak waktu di bola, dan kehadiran berwibawa yang selalu mengubah wajah permainan.

Tidak mengherankan, dia berkembang. Beroperasi dari kantong kecil ruang antara Sokratis dan Bukayo Saka, Xhaka memainkan posisi hybrid serbaguna yang melibatkan banyak pertahanan, banyak waktu di bola, dan kehadiran berwibawa yang selalu mengubah wajah permainan.

Tidak jarang Xhaka melakukan sesuatu yang seharusnya tidak dapat dilakukannya. Tepat ketika Anda berpikir ia tidak bisa bertahan, ia mengalami hari pertahanan yang luar biasa. Hanya ketika Anda berpikir dia hanya bisa melewati ke belakang (kira-kira keliru karena mendapat) ia muncul serangan yang tak terhitung jumlahnya.

Tetapi Anda tidak akan sendirian dalam tidak mengaitkan ‘fleksibilitas’ dengan persenjataan bakat Granit Xhaka. Dia melakukan banyak hal spesifik dengan baik. Dia melewati, dia mengontrol bola, dia membangun kehadiran.

Melawan Bournemouth, dalam peran panas sebagai gelandang tengah tengah kirinya, ia melakukan semua hal itu, ditambah dengan pertahanan yang luar biasa, pelacakan lari, serangan musim semi, penurunan dan penyelewengan (tidak yakin apa itu, tapi ia melakukannya), bahkan menggiring bola sedikit.

Semua hal yang dilakukan Xhaka, semua hal yang seharusnya tidak dapat dilakukannya.

Lagi-lagi, bukankah kita seharusnya melihat ini datang? Terakhir kali dia harus bermain centerback melawan Chelsea, dia luar biasa. Ini tidak biasa baginya untuk dapat naik ke kesempatan itu. Itulah yang dilakukan gelandang tertinggi.

Itu pada titik di mana saya bahkan tidak terkejut lagi ketika Xhaka pergi di atas dan di luar.

Hal berikutnya yang Anda tahu dia akan memenangkan jejak melawan Raheem Sterling. Tunggu dan lihat saja. Dia telah melakukan segalanya, ini adalah hal terakhir dalam daftar ceknya yang semakin menipis.